Terapkan Teknologi Surya Pada Jalan Raya, Sebagai Pengganti Aspal

Solar road

Tekhnologi tenaga surya pada areal jalan, Perusahaan Colas menyebutnya sebagai Wattway Solar Roads. Dimana tekhnologi tersebut merupakan hasil dari riset mereka selama kurun waktu lebih dari lima tahun. Konstruksi panel surya ini mampu menahan beban sebuah truk 18 roda. Tekhnologi panel surya ini akan dilakukan pengujian pada sekitar 100 area, tetapi Colas belum berniat untuk memasarkannya kepada publik hingga tahun 2018 secara komersial. Untuk dapat menahan beban berat truk 18 roda dan arus lalu lintas yang secara terus menerus, panel surya tersebut dilapisi oleh beberapa jenis plastik tertentu sehingga membuat material tersebut  dapat bertahan lebih lama. Panel surya diletakkan pada posisi dibawah lapisan plastik sebagaimana hal dilakukan pada tekhnologi pembuatan Tesla’s Solar Roof .

Meskipun teknologi panel surya ini diaplikasikan pada area jalan kendaraan, namun permukaan Solar Road dirancang sedemikian rupa sehingga mampu menahan ban kendaraan untuk tergelincir.
Pada bulan Oktober tahun 2016, sebuah pengujian dilakukan oleh perusahaan di Normandy, Francis dengan tujuan dapat menghasilkan listrik sebesar 280 kilowatt secara maksimal yang dihasilkan lebih dari sekitar 2800 meter persegi panel surya. 

Elistrik yang dihasilkan ini diperkirakan akan mampu mencukupi sekitar 5000 orang penduduk sebuah kota selama satu tahun. Listrik yang dihasilkan oleh Solar Road dapat juga diumpankan pada sebuah jaringan listrik, sehingga listrik yang dihasilkan tersebut dapat mengaliri tenaga listrik pada sebuah pabrik hidrogen skala kecil, isi ulang kendaraan elektrik, sumber listrik pada sebuah billboard hingga penggunaan pada penerangan jalan.

Source: Icons
https://youtu.be/YQba3ENhlKA

Admin Blog
Admin Blog www.ddwfly.com

Post a Comment for "Terapkan Teknologi Surya Pada Jalan Raya, Sebagai Pengganti Aspal"