Pengertian dan Jenis Proyek | SP

Kata proyek berasal dari kata Latin projectum dari kata kerja proicere Latin,“ sebelum tindakan” yang pada gilirannya berasal dari pro-, yang menunjukkan prioritas, sesuatu yang tiba sebelum sesuatu yang lain pada waktunya( sejajar denganπρό Yunani) serta iacere,“ melakukan”. Kata“ proyek” dengan demikian awal mulanya berarti“ saat sebelum sesuatu aksi”. Kala bahasa Inggris awal mulanya mengadopsi kata itu, itu merujuk pada rencana suatu, bukan pada aksi yang betul- betul melakukan rencana ini. Suatu yang dicoba cocok dengan proyek diketahui bagaikan“ objek”. Tiap proyek mempunyai fase pengembangan tertentu. Dalam bahasa Indonesia, kata Proyek ialah serapan dengan metode penerjemahan dari bahasa asing Project. Sehingga bisa jadi kosakata ini kesimpulannya masuk kedalam Catatan kosakata bahasa Indonesia yang kerap salah dieja jadi“ projek”. Proyek konstruksi: sesuatu rangkaian aktivitas yang cuma dilaksanakan satu kali serta biasanya memiliki waktu yang pendek( dini serta akhir proyek relatif tentu).

Proyek memiliki 3 karaktristik:

  1. Bertabiat unik: tidak sempat terjalin rangkaian aktivitas yang persis sama, siklus proyek bertabiat sedangkan, agenda serta bayaran telah didetetapkan, serta ikut serta bermacam sumber energi manusia yang berbeda- beda.
  2. Diperlukan sumber energi( resources): sumber energi yang ikut serta di proyek, ialah: pekerja( men), duit( money), mesin( manchines), tata cara( methods) serta bahan( materialis).
  3. Organisasi: tiap organisasi memiliki bermacam- macam tujuan di mana di dalamnya ikut serta beberapa orang dengan kemampuan yang bermacam- macam, perbandingan ketertarikan, karakter yang bermacam- macam serta ketidakpastian.
  4. Manajemen: suatu proses untuk menggunakan sumberdaya manusia serta sumber energi yang lain untuk menggapai tujuan tertentu, sehingga tujuan tersebut tercapai secara efektif/ pas guna serta efisien/ hasil guna.
Sumber Energi: 
Biasanya sumber energi dikelompokkan atas 5 kelompok:
  1. manusia( men), 
  2. bahan( materialis), 
  3. mesin/ peralatan( machines), 
  4. tata cara/ metode kerja( methods)
  5. modal uang( money). 
Sumber energi pada biasanya ada dalam jumlah terbatas sehingga merupakan hambatan untuk pencapaian tujuan, serta dengan proses manajemen gangguan tersebut bisa ditanggulangi sehingga tujuan dipastikan dapat dicapai. Kendala- kendala lain dalam pencapaian tujuan: waktu, kondisi alam, keadaan sosial politik, keadaan pasar dan sebagainya. Aktivitas Proyek: Suatu aktivitas selang berlangsung dalam jangka waktu terbatas, dengan alokasi sumber energi tertentu. Manajemen Proyek: Suatu proses manajemen pada suatu proyek dari awal sampai akhir proyek supaya tujuan proyek tercapai dengan baik, tepat waktu, cocok kualitas yang disyaratkan serta cocok bayaran yang disediakan.

Jenis- Jenis Proyek

  1. Proyek Engineering Konstruksi: Komponen aktivitas utama terdiri dari pengkajian kelayakan, desain, pengadaan serta konstruksi.
  2. Proyek Engineerin Manufaktur: Proyek manufaktur ialah proses buat menciptakan produk baru, aktivitas utamanya meliputi desain engineering, pengembangan produk, pengadaan, manufaktur, perakitan, uji coba guna serta operasi produk yang dihasilkan.
  3. Proyek Riset serta Pengembangan: Bertujuan melaksanakan riset serta pengembangan dalam rangka menciptakan sesuatu produk tertentu.
  4. Proyek Kelayakan Manajemen: Tidak menciptakan produk dalam wujud fisik melainkan dalam wujud laporan.
  5. Proyek Kapital( untuk investasi): Meliputi pembebasan tanah, penyiapan lahan, pembelian material serta perlengkapan.
Admin Blog
Admin Blog www.ddwfly.com